Selasa, 24 November 2015

Cara Membuat Kabel Straight dan Cross

By Unknown  |  20.26 No comments

A. Alat dan Bahan


Tank Crimping

Tank Crimping adalah alat untuk memotong kabel UTP dan untuk menjepit ujung konektor,dan ini sangat
penting sekali bagi kita yang ingin belajar cara mengcrimping kabel,alat ini bentuknya hampir sama dengan Tank biasa yang sering kita lihat atau temui.


Kabel UTP
Kabel UTP kita gunakan untuk saling menghubungkan jaringan internet dan di dalam kabel UTP ini terdapat 8 helai kabel kecil yang berwarna-warni.


Konektor RJ-45
Konektor adalah alat yang kita pasang pada ujung kabel UTP tujuanya agar kabel dapat kita pasang pada port LAN. Konektor RJ-45 harus dipasangkan pada ujung kabel UTP apabila tidak maka Kabel UTP tidak akan berguna.


Cable Tester/LAN Tester

Cable Tester adalah alat untuk menguji hasil crimpingan kabel kita, kalau krimpingan kita salah maka lampu di Cable Tester ini tidak akan menyala dan kalau hasil crimpingan kita sudah benar maka lampu di Cable Tester akan menyala dengan otomatis,jadi alat ini sangat berguna bagi kita untuk mengetahui hasil crimpingan kita.

B. Cara Membuat Kabel Straight

  1. Kupas bagian ujung kabel UTP sepanjang 2cm.
  2. Buka pilinan kabel, luruskan dan urutkan sesuai standar kabel
  3. Setelah urutannya sesuai standar, potong dan ratakan ujung kabel.
  4. Masukkan kabel yang sudah lurus dan sejajar tersebut ke dalam RJ-45 dan pasitkan semua kabel posisinya sudah benar dengan posisi seperti pada contoh gambar di atas.
  5. Lakukan crimping menggunakan crimping tools, tekan crimping tool dan pastikan semua pin (kuningan) pada konektor RJ-45 sudah “menggigit” tiap-tiap kabel. biasanya akan terdengar suara "klik".
  6. Setelah selesai pada ujung yang satu, lakukan lagi pada ujung yang lain.
  7. Langkah terakhir adalah mengecek kabel yang sudah kita buat tadi dengan menggunakan LAN tester, caranya masukan masing-masing ujung kabel (konektor RJ-45) ke masing2 port yang tersedia pada LAN tester, nyalakan dan pastikan semua lampu LED menyala sesuai dengan urutan kabel yang kita buat.

C. Cara Membuat Kabel Cross

Membuat kabel cross memiliki langkah yang hampir sama dengan kabel straight, perbedaan hanya terletak pada urutan warna dari kedua ujung kabel. Berbeda dengan kabel straight yang memiliki urutan warna sama di kedua ujung kabel, kabel cross memiliki urutan warna yang berbeda pada kedua ujung kabel.

Author: Unknown

Saya ? Hanyalah seorang anak yang butuh teman dan sahabat seperti yang lainnya dan juga butuh hiburan dan refreshing untuk memenuhi kebutuhan psikis tubuh ini.

0 komentar:

E-mail Newsletter

Sign up now to receive breaking news and to hear what's new with us.

Recent Articles

Copyright © 2014 Some Fight. WP Secret converted by Secret. Powered by Blogger.
TOP